Alpukat, Buah Segar Kaya Manfaat

Alpukat atau Persea Americana mngkin lebih dikenal sebagai makanan atau minuman yang menyegarkan. Dikonsumsi dengan cara disajikan sebagai jus, es campur, atau perisa masakan. Buah alpukat yang matang dagingnya lunak dan berlemak.

Ternyata, selain lezat buahnya alpukat juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Seperti dapat digunakan sebagai masker wajah dengan cara dihaluskan. Minyak biji alpukat juga digunakan sebagai aneka kosmetik. Daun alpukat rasanya pahit, tapi berguna sebagai peluruh kencing dan bijinya bersifat antiradang untuk menghilangkan rasa sakit.  Buah alpukat mengandung vitamin E alami dan lemak buahnya memiliki antioksidan yang cukup kuat, sedikit gula, namun kandunga seratnya cukup banyak. Alpukat juga mengandung kalium, tetapi rendah kalium.  Senyawa yang terkandung dalamnya yaitu betakaroten, klorofil, saponin, alkaloida, vitamin B kompleks, dan tannin.

Khasiat Buah Alpukat
  1. Alpukat terbukti menurunkan resiko stroke dan serangan jantung karena kaya akan lemak tak jenuh. Lemak ini membantu memusnahkan koleseterol jahat atau LDL dan menghasilkan kolesterol baik atau HDL.
  2. Kadar asam folat dan vitamin E alami alpukat baik untuk penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi.
  3. Alpukat juga dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh karena mengandung sedikit sekali kadar gula yang membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh.
Previous
Next Post »
0 Komentar