Macam - Macam Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer hardware dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak atau software.

Sistem operasi memiliki pencatatan yang sistematis atau terkontrol mencakup pemrosesan data, perhitungan memori, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Yang dapat diartikan bahwa sistem operasi bertindak sebagai perantara atau distributor antara program aplikasi dengan perangkat keras komputer.

Secara umum sistem operasi adalah perangkat lunak yang melakukan kontrol manajemen terhadap perangkat keras komputer serta untuk menjalankan aplikasi yang ada dalam sebuah komputer atau laptop. Sistem operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan di memori komputer saat komputer dinyalakan atau booting. Sedangkan software lain dioperasikan setelah sistem operasi berjalan. Saat sistem operasi berjalan, maka sistem akan memberikan layanan terhadap software yang dijalankan. Layanan tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, schedule task, interface GUI dan CLI, sehingga software tidak perlu melakukan tugas tersebut karena sudah dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi.

Saat ini, sistem operasi dibagi menjadi 3 kelompok ternama.



Microsoft Windows
Sistem operasi Microsoft Windows digunakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Karena sistem operasi ini lebih mudah dioperasikan karena simple dan mudah dipahami oleh berbagai masyarakat di berbagai belahan dunia. Microsoft Windows memiliki banyak sistem operasi yang berbeda yaitu :
  1. Windows 9x
  2. Windows NT
  3. Windows 2000
  4. Windows XP
  5. Windows Server
  6. Windows Vista
  7. Windows 7
  8. Windows 8
  9. Windows 10

UNIX
Sistem operasi UNIX adalah sistem operasi open source. UNIX bisa dikembangkan bebas oleh penggunanya. Keluarga UNIX terdiri dari :
  1. BSD
  2. Linux
  3. Zealth OS

Mac OS
Mac OS atau Macintosh adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple.Inc. Macintosh sendiri dibedakan menjadi :
  1. Lion
  2. Leopard
  3. Snow Leopard
Previous
Next Post »
0 Komentar