Inilah Berbagai Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

Komputer yang tba - tiba mati sendiri seringkali membuat kita merasa frustasi. Apalagi jika kita sedang melakukan aktivitas bermain game padahal belum tersave, sedang melakukan download yang tidak dapat dipause, atau  antivitas lainnya.

Ada masalah tentu ada penyebab masalah itu terjadi. Termasuk komputer anda yang sering mati dengan sendirinya. Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan komputer mati dengan sendirinya :

1. Suhu di dalam CPU terlalu panas.
     Semakin lama anda memggunakan komputer, maka suhu dalam CPU akan semakin panas. Jika komponen pendingin seperti kipas dan thermal paste tidak bekerja dengan baik, maka akan memungkinkan komputer anda mat dengan sendirinya tanpa perintah shutdown terlebih dahulu. Banyak debu dalam CPU juga dapat menyebabkan komponen pendingin tidak bekerja dengan maksimal.
     Selain itu, overheat suhu dalam CPU juga dapat disebabkan oleh penempatan CPU yang tidak sesuai. Letakkan CPU di tempat dengan dengan aliran udara yang baik dan hindarkan dari suhu yang panas disekitar CPU tersebut.

2. Kerusakan sistem operasi.
     Sebuah komputer memang diberi kemampuan untuk melakukan program multitasking. Tetapi terlalu banyak aplikasi maupun program yang dibuka atau dioperasikan dapat memicu terjadinya kerusakan sistem operasi yang disebut crash. Crash inilah yang membuat komputer anda mati dengan sendirinya.
 Baca juga : Tips Membersihkan Motherboard
3. Kerusakan hardware.
     Kerusakan hardware semacam harddisk, RAM, dan motherboard dapat menyebabkan komputer anda mati dengan sendirinya. Menambahkan hardware baru pada perangkat komputer dapat menyebabkan komputer anda mati dengan sendirinya jika penempatannya tidak tepat.
     Untuk mengecek kesalahan pada hardware, anda bisa pergi ke Device Manager komputer dengan cara mengetikkan compmgmt.msc di Run.

4. Virus pada komputer.
     Virus adalah sebuah parasit yang menjadi sebuah penyakit bagi sebuah perangkat komputer. Pada beberapa kasus, ditemukan sebuah virus yang dirancang untuk mematikan sebuah komputer dengan sendirinya tanpa disadari oleh pengguna komputer tersebut. Untuk itu selalu gunakan antivirus yang terjamin kualitasnya dan selalu perbaharui di setiap tanggal updatenya.
Baca juga : 5 Tips dan Trik Mengatasi Virus di Komputer
5. Kerusakan power supply.
     Power supply adalah komponen utama pemberi daya hidup pada sebuah perangkat komputer. Jika power supply mengalami kerusakan sudah dapat dipastikan kebutuhan energi listrik komputer anda tidak akan terpenuhi. Anda bisa mengecek kabel input dan output yang berda di power supply terpasang dan bekerja dengan benar untuk memastikan Power Supply Unit telah bekerja dengan baik.
Previous
Next Post »
0 Komentar