Mengenal Manfaat Sirih Merah

Sirih merah atau piper crocatum memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tetapi juga digunakan dalam acara keraton oleh para puteri untuk menghaluskan kulit mereka. Riset membuktikan bahwa sirih merah mengandung  flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, safonin, hidroksikaficol, kavibetol, allyprokatekol, eugrnol, karvrokol, cineole, coryfelen, kadimen, ekstragol, terpenana, P-cymene, dan fenil propada.


Senyawa flavonoid dan polifenol berguna sebagai antoksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Senyawa alkaloid berguna sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah dapat bermanfaat sebagai diseinfektan, antijamur, sehingga sangat baik digunakan sebagai obat kumur dan keputihan. Kandungan senyawa eugenol dapat berguna sebagai analgesic atau pereda nyeri. Senyawa tanin dapat menyembuhkan diare dan antiseptik luka. Satu lagi manfaat sirih merah adalah sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus.

Meramu sirih merah dapat dilakukan dalam keadaan segar atau dikeringkan terlebih dahulu. Sirih merah juga dapat digunakan untuk ramuan tunggal maupun campuran obat herbal lainnya.
Previous
Next Post »
7 Komentar
avatar

wah makasi gan kunjungi juga kadekkrisma.blogspot.com

Balas
avatar

sangat banyak sekali kandungan di daun sirih merah ini.

Balas
avatar

pantes aja yah sirih banyak cari yah...ternyata banyak banget manfaatnya..:)

Balas
avatar

Ya, itulah luarbiasanya manfaat sirih merah. Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Ternyata banyak manfaat yang terkandung didalam sirih merah ya...

Balas